ShaF's Medical Blog

MEDIC MADE EASY

Patofisiologi melanoma maligna Februari 24, 2010

Filed under: Kulit,onkologi,Tumor — shafariyah @ 2:26 pm
Tags:

Patofisiologi dan gambaran klinis

emedicine.medscape.com/article/280245-overview

Melanoma berasal dari melanosit, yang timbul dari neural crest dan bermigrasi ke epidermis, uvea, meninges, dan mukosa ektoderm. melanosit, yang berada di kulit dan menghasilkan pelindung melanin, berada dalam lapisan basal epidermis, di persambungan dermis dan epidermis.
Melanoma maligna yang berkembang di kulit yang sehat dikatakan timbul de novo, tanpa diawali lesi prekursor. Banyak dari melanoma yang disebabkan oleh radiasi matahari. Risiko terbesar yang disebabkan melanoma yang diinduksi oleh paparan sinar matahari dikaitkan dengan luka terbakar yang akut, intens, dan intermiten . . Risiko ini berbeda dari kanker sel skuamosa dan kanker sel basal, yang berhubungan dengan paparan sinar matahari jangka panjang.
Melanoma juga dapat terjadi di daerah kulit yang tidak terpajan sinar matahari, termasuk telapak tangan, telapak kaki, dan perineum. Lesi tertentu dianggap sebagai prekursor lesi melanoma, termasuk Common Nevus, displastik Nevus, Nevus bawaan, dan Nevus biru.

Melanoma memiliki 2 fase pertumbuhan, radial dan vertikal. . Selama fase pertumbuhan radial, sel-sel ganas tumbuh secra radial di epidermis. Seiring berjalannya waktu, sebagian besar melanoma berlanjut ke fase pertumbuhan vertikal, di mana sel-sel ganas menyerang dermis dan mengembangkan kemampuan untuk bermetastasis.

Banyak gen yang terlibat dalam pengembangan melanoma, termasuk CDKN2A (p16), CDK4, Rb1, CDKN2A (p19), PTEN/MMAC1, dan ras. CDKN2A (p16) berperan penting dalam kejadian melanoma sporadis dan herediter. Gen supresor tumor ini terletak di band 9p21, dan mutasinya berperan dalam berbagai kejadian kanker.

Lima macam bentuk atau jenis histologis melanoma , sebagai berikut:

1.Melanoma superficial

Sekitar 70% dari melanoma ganas adalah melanoma superficial dan seringkali muncul dari nevus berpigmen yang displastik. MS biasanya berkembang setelah perubahan pada nevus; perubahan khas termasuk ulserasi, pembesaran, atau perubahan warna. MS dapat ditemukan pada semua permukaan tubuh, terutama kepala, leher, dan batang laki-laki dan perempuan ekstremitas bawah.

2.Melanoma Nodular

Nodular melanoma (NM) mewakili sekitar 10-15% dari melanoma dan juga ditemukan umumnya pada semua permukaan tubuh.Lesi jenis ini merupakan lesi yang simetris dan uniform dan berwarna coklat gelap atau berwarna hitam. Fase pertumbuhan radial mungkin tidak terlihat jelas, namun jika pada tahap ini terlihat jelas, itu hanya sebentar karena tumor akan berkembang dengan cepat ke fase pertumbuhan vertikal, sehingga membuat MN berisiko tinggi lesi. Sekitar 5% dari semua MN adalah amelanotic melanoma

3.Lentigo Maligna Melanomas

Kejadian LMM sekitar 10-15% dari melanoma. Biasanya ditemukan di daerah yang terkena sinar matahari (misalnya, tangan, leher).terdapat area hipopigmentasi dan seringkali cukup besar. LMM timbul dari lesi prekursor.

4.Acral lentiginous melanoma

Acral lentiginous melanoma (ALM) adalah satu-satunya melanoma yang memiliki frekuensi yang sama antara orang kulit hitam dan kulit putih.terjadi di telapak tangan, telapak kaki, dan daerah subungual. Subungual melanomas often are mistaken for subungual hematomas (splinter hemorrhages). Melanoma Subungual sering keliru dengan subungual hematoma .Seperti MN, ALM sangat agresif, dengan cepat perkembangan dari fase radial ke fase pertumbuhan vertikal.

5.Mucosal lentiginous melanomas

Mukosal lentiginous melanoma (MLMs) berkembang dari epitel mukosa yang melapisi saluran pernapasan, pencernaan, dan traktus genitourinaria. Lesi ini sekitar 3% dari melanoma yang didiagnosis setiap tahunnya dan dapat terjadi pada setiap permukaan mukosa, termasuk konjungtiva, rongga mulut, esofagus, vagina, perempuan uretra, penis, dan anus. . MLMs lebih agresif dari cutaneous melanoma, meskipun hal ini mungkin karena umumnya didiagnosis pada tahap lanjut daripada cutaneus melanoma.

Tempat selain kulit
. Sebagian besar melanoma terjadi di kulit, tetapi dapat juga muncul di tempat lain termasuk mata, mukosa, saluran pencernaan, saluran Genitourinaria, dan leptomeninges

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s