ShaF's Medical Blog

MEDIC MADE EASY

Perbedaan otak laki-laki dan wanita Februari 1, 2008

Filed under: Populer,Syaraf — shafariyah @ 2:24 pm

w_ota-pria-dan-wanita-os20033.jpg 

Otak merupakan pusat perilaku kita, pusat berpikir, perasaan dan daya ingat. Dimana masing-masing tempat di otak mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Ada yang untuk daya ingat, bahasa, pemecahan masalah dan sebagainya. Kita tahu meskipun otak manusia mempunyai kemiripan, tetapi ada perbedaan antara masing-masing orang dengan yang lain. Kita mungkin berbeda dengan

orang lain dalam hal kemampuan pemecahan masalah yang kita sebut intelektual, yang diukur dengan menggunakan IQ. Satu orang mungkin bagus dalam berbahasa , yang lain mungkin bagus dalam pengenalan objek atau fungsi yang lain.
Kemampuan ini tergantung dari bagian utama otak yang kita sebut serebrum. Serebrum dibagi menjadi dua yang kita sebut left and right cerebral hemispheres.
Ada perbedaan antara ke dua hemisfer. Dimana hemisfer kiri sangat penting untuk berbahasa, dimana pada ganguan daerah ini, yang bisa disebabkan oleh strok akan menghasilkan gangguan berbahasa ( afasia) dan juga menyebabkan gangguan pergerakan pada anggota gerak sebelah kanan
Sedangkan kerusakan otak kanan, akan terganggu dalam mengatur melodi , dan akan mengalami gangguan dalam mengidentifikasi objek dan lokasi secara akurat.
Kedua sisi otak ternyata mempunyai struktur anatomi yang berbeda, yang disebut anatomical asymmetries.
Salah satu contohnya otak bagian temporal, sebagian dari lobus ini tersembunyi di daerah fisura Sylvian, yang merupakan bagian yang penting dalam pengertian berbahasa , bagian sisi kiri lebih besar dibandingkan pada sisi kanan.
Lalu bagaimana dengan perbedaan antara otak manusia satu dengan yang lain ?
Beberapa penelitian menyatakan sama, hanya ada perbedaan kecil, terutama yang berhubungan dengan ketrampilan tangan . Hampir 90% orang menggunakan tangan kanannya yang kita sebut right- handed, yang berhubungan dengan otak sisi sebelah kiri yang disebut otak dominan.

Otak laki-laki atau perempuan ?

Ada pendapat laki-laki dan perempuan berbeda dalam kemampuan fungsi otaknya. Pada penelitian yang dilakukan pada binatang dengan meneliti hormon sex yang dihasilkan kelenjar-kelenjar sex .Hormon ini dibutuhkan dalam perkembangan laki-laki dan perempuan. Hormon sex ini sangat penting untuk pembentukan genital dan perbedaan perilaku .

Pada penelitian di Universitas Wisconsin, para peneliti memberikan suntikan testosteron pada monyet betina yang baru dilahirkan, hasilnya ternyata monyet betina yang biasanya suka mengasuh dan memelihara menjadi agresif dan suka berkelahi seperti monyet jantan. Pada perempuan dengan “CAH” (Congenital Adrenal Hiperplasia) ,anak tersebut dilahirkan dengan jenis kelamin perempuan tetapi mempunyai perilaku seperti “tomboys”. Hormon androgen mempengaruhi perilaku dan keinginan (hawa nafsu). Hipotalamus yang terletak dibagian tengah dasar otak , yang mengatur banyak fungsi seperti makan, tidur, kontrol suhu, dan reproduksi, Salah satu bagian dari hipotalamus yang bertanggung jawab dalam perilaku seksual lebih besar pada laki-laki dibandingkan dengan pada perempuan .

Hormon sex juga mempengaruhi bagian bagian dari otak, dimana salah satu contohnya lapisan luar dari serebrum yang disebut kortek, lebih tebal pada hemisfer otak kanan dibandingkan hemisfer otak kiri pada tikus jantan, sedangkan pada tikus betina sama.Penemuan terbaru menyatakan bahwa otak laki-laki dan perempuan berbeda, salah satu contoh dalam mengartikan kata, laki-laki hanya menggunakan otak kiri sedangkan perempuan menggunakan kedua hemisfernya.Otak kiri berfungsi mengontrol analisa berbahasa, dan pergerakan tubuh, sementara sisi kanan bertanggung jawab untuk spasial,ekspresi muka, emosi, dan intonasi suara.

Otak kiri dan otak kanan dihubungkan dengan serabut yang menyilang diantaranya yang disebut komisura , salah satu komisura yang terbesar dan terpenting disebut Korpus kalosum, sedangkan bagian penting lainnya adalah komisura anterior. Ini berfungsi untuk saling memberikan informasi diantara kedua hemisfer. Hubungan ini juga berbeda antara laki-laki dan perempuan, dimana pada perempuan komisura anterior lebih besar dan para peneliti juga menemukan bahwa bagian belakang dari bagian korpus kalosum lebih besar pada perempuan.Area yang lebih besar ini menghasilkan komunikasi yang lebih baik antara otak kanan dan kiri, sehingga menbedakan cara kerja otak yang berbeda antara laki-laki dan perempuan. Hal ini akan menghasilkan perempuan lebih sensitiv menyangkut emosi, komunikasi non verbal, bahkan intuisi sangat mempengaruhi pikiran mereka. Sedangkan pada laki-laki relatif kurang dipengaruhi emosi ( area emosi berada di sisi kanan hemisfer).

Juga ada perbedaan pada bagian hemisfer kiri yang bertanggung jawab untuk bicara dan pergerakan motorik. Ada dua bagian area untuk berbahasa , sati di lobus frontal, satunya lagi di bagian belakang (pertemuan anatar lobus temporal dan parietal). Pada perempuan bagian frontal merupakan bagian yang penting dibandingkan bagian belakang, sehingga masalah dalam berbicara lebih mudah terganggu jika terjadi kerusakan di bagian kiri hemisfer. Pada laki-laki hampir sama, tetapi bagian belakang khususnya di bagian parietal tampak lebih penting.

Perubahan Evolusi
Ada pendapat yang menyatakan bahwa perbedaan antara laki-laki dan perempuan disebabkan oleh sosialisasi dan perubahan evolusi yang menyangkut peran laki-laki dan perempuan sebelumnya. Beberapa perbedaan dalam carakerja yang terjadi antara otak laki-laki dan perempuan, mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Kita tahu rata-rata laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan yang tipis dalam intelektual. Perbedaan ini akan menghasilkan perbedaan dalam pekerjaan antara laki-laki dan perempuan . Salah satu contohnya laki-laki lebih baik dalam ketrampilan spatial-navigational seperti membaca peta dan menetukan jarak dan mentukan sasaran , dimana keahlian ini mungkin berkembang melalui tugas berburu. Perempuan mempunyai daya ingat untuk kata-kata dan objek, dan lebih baik untuk keahlian motorik halus, keahlian ini mungkin dihasilkan oleh evolusi dimana tugas perempuan mengumpulkan makanan sekitar rumah, membuat pakaian dan menyiapkan makanan.

Pada penelitian binatang, menyatakan perbedaan ini dipengaruhi oleh karen hormon sex, dimana pada otak tikus betina muda yang mengeluarkan hormon androgen, kemampuan spatialnya berbeda dengan tikus-tikus betina yang normal dan kemampuannya seperti pada tikus jantan.Hal ini sama di manusia , dimana perempuan dengan androgen yang berlebihan mempunyai kemampuan spasial yang lebih baik dibandingkan perempuan lain.Jada hormon sex ini menyebabkan perubahan pada otak yang membuat perbedaan satu dengan yang lain, tetapi masih memerlukan penelitian lagi.

Source: Dr. Agustinus Sujatmiko, SpS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s