ShaF's Medical Blog

MEDIC MADE EASY

MENJAGA KESEHATAN PENCERNAAN ANDA Februari 1, 2008

Filed under: Gastrointestinal — shafariyah @ 2:01 pm

b_w_menjaga.jpg

Makanan yang kita makan sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan kita. Secara tradisional China prinsip utama adalah makan secara teratur pada waktu tertentu. Seringkali kita makan , saat tubuh kita sama sekali tidak membutuhkannya, saat pencernaan kita tidak mempunyai cukup asam lambung untuk mencerna makanan. Jadinya makanan tidak tercena dengan baik . Pengalaman menunjukkan bahwa makan yang tidak teratur menimbulkan berbagai masalah pencernaan.

 Beberapa saran berikut , dapat anda terapkan untuk menjaga kesehatan pencernaan anda :

 1.Janganlah makan berlebih, hal ini dapat membantu pencernaan anda agar mampu mencerna seluruh makanan dengan baik
2. Jangan mengunyah makanan terlalu cepat , karena hal ini tidak memberikan kesempatan pencernaan anda cukup waktu untuk mencerna
3. Hindari makan di tengah malam. Karena hal ini membuat tubuh menggunakan energi Yin ( karena malam yang bekerja adalah energi Yin ) , dan makanan tidak diproses lagi saat malam.
4. Diet yang berlebihan mengakibatkan kelemahan pada pencernaan dan limfa anda.
5. Makan saat berjalan atau berdiri tidak dianjurkan , karena akan mengakibatkan sumbatan energi pencernaan anda.
6. Makan saat stress atau kuatir , sangatlah tidak baik karena dapat menyebabkan nyeri perut dan mual. Begitu juga dengan makan saat marah .
Bila anda sering menderita kelainan pencernaan dapat disediakan di rumah anda , beberapa sediaan berikut : minuman yang berisi lactobacillus ( banyak tersedia di supermarket ), peppermint, chamomile dan teh herbal jahe. Beberapa makanan menurut pengobatan China yang dapat menguatkan pencernaan anda :
1. Padi-padian
2. Kentang manis, dikatakan dapat memperkuat organ dalam dan menguatkan energi tubuh, ubi rambat,
3. labu kuning mempunyai kandungan tinggi berbagai mineral dan vitamin , termasuk vitamin A, Kalsium, Kalium, magnesium dan fosfor.

Posisi duduk dan bekerja berlebihan dapat melemahkan meridian limfa dan pencernaan. Jalan pagi secara teratur dapat membantu pencernaan . Anda dapat juga mencoba latihan Peregangan terhadap meridian limpa dan usus/pencernaan . Peregangan ini dilakukan dengan posisi lutut menekuk dan badan kepala menengadah ke belakang ( mata menghadap langit-langit ) dan ditumpu dengan tangan menahan dilantai . Tetaplah tulang belakang anda meregang. Hiruplah udara dan tumpukan berat badan anda pada kedua tangan anda. Hembuskan nafas anda perlahan , jatuhkan kepala anda kebelakang dan selalu dalam keadaan rileks. Pastikan otot –otot anda menjadi hangat setelah melakukan peregangan selama 10 menit. Saat anda melakukan pertama-tama mungkin akan sulit, setelah seminggu sampai sebulan anda akan terbiasa untuk melakukannya.

source: www.medikaholistik.com/drnovi-dryuda

About these ads
 

23 Responses to “MENJAGA KESEHATAN PENCERNAAN ANDA”

  1. ver Berkata

    mo nanya, kenapa saya sering kembung dan bersendawa terutama menjelang menstruasi

    • shafariyah Berkata

      kalo itu karena pengaruh hormon..selama tidak mengganggu aktivitas dibiarin aja ga papa..resiko jadi cewek..he..he..

  2. KIKY Berkata

    TANYA BU…. PERUT SYA KOK BUNCIT YA….

    • shafariyah Berkata

      wah..hamil ya..??? :D
      ato kebanyakan lemak tuuh..kalori yang masuk lebih banyak dari yang keluar..mesti mengurangi kalori kalo gitu…

  3. ofie Berkata

    bu..mo ty…knp perut sering bget..kembung..dan maag sering kambuhh..bgamana..tipzz menjaga pecernAAN yg baik..dan mkana apa yg hrs dihindari penderita maag, dan spy perut tdk kembung..??gmn jg spy dlm keadaan kita diet..tdk pengaruhh ke pencernaan..krn wanita yg sdh melahirkan ..cenderung susah melangsingkan perut.mksh.

    • shafariyah Berkata

      Makanan yang harus anda hindari adalah makanan merangsang lambung seperti makanan pedas, asam, kurangi dan kalo bisa hindari pula minuman yang mengandung kafein (kopi, ekstrajos, dan minuman berenergi lainnya), tein (pada teh), soda (fanta, coca cola. dll).
      Diet yang baik adalah : anda TIDAK merasa lapar. Kalo pas diet anda kelaparan, berarti dietnya salah.
      Perbanyak makan sayur dan buah, kurangi konsumsi gula dan karbohidrat, perbanyak minum air putih.
      Dan untuk melangsingkan tidak cukup hanya dengan diet saja, tetapi anda juga harus teratur berolahraga.

  4. fany Berkata

    Apakh halitosis bs diakibtkan oleh masalah pencernaan? bgaimana mengatasi halitosis yg brasal dr pencernaan atau keturunan? trims

    • shafariyah Berkata

      Bisa, misal ada luka / borok pada lambung maka mulut bisa berbau, untuk mengatasinya harus disembuhkan penyebab halitosisnya alias mengobati luka pada lambung, anda bisa mencari ahli penyakit dalam/ ahli gastro terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  5. ahmad Berkata

    ku mau nanya, kenapa buang air besar jadi tidak lancar (kadang-kadang 4-5hari sekali). biasanya kalau mau buang air besar, harus didoping dulu ma minuman berserat seperti VEGETA. mohon solusinya? makasi banyak

    • shafariyah Berkata

      mungkin anda kurang mengkonsumsi serat (sayuran dan buah), serat terbaik tentunya yang sumbernya alami walaupun serat instant bisa membantu.
      tambahkan 3 porsi sayuran dalam menu makan anda, so tiap makan hendaknya ada sayurnya.
      kurangi makan makanan fast food dan junk food, dan jangan lupa banyak – banyak minum air putih.

  6. rian Berkata

    sudah 1 tahun sya sakit pencernaan sudah 1 tahun juga saya berobat ke ahli gastro tapi belum ada perubahan apakah penyakit ini memang memerlukan waktu lama bagai mana solusinya dan apa saja makanan yang di pantang?

    • shafariyah Berkata

      Tergantung apakah penyakit anda organik (mengenai organnya/ada luka pada organ) atau non organik
      jika jenis organik maka diperlukan penyembuhan luka pada lambungnya, dokter akan memberikan obat, ex. antibiotik, untuk menangani luka tersebut.
      untuk non organik biasanya dikarenakan masalah psikologis, maka anda harus bisa mengontrol emosi, berusaha untuk relax/ tidak stress, karena jika anda stress atau ada tekanan psikologis maka asam lambung akan meningkat dan menyebabkan rasa sakit.
      Untuk makanan hindari makanan pedas dan asam, minuman yang mengandung kafein (kopi, minuman berenergi), soda, minuman yang mengandung tein (teh).

  7. aini Berkata

    mo tny perut sya hmpir tiap hri kmbung bhkan sya jrang BAB,syur udh,air pth jg tp ttep sja perut g enk,bhkan kdag ngrasa penuh,,dpa ya bu?????

  8. fazri Berkata

    supaya lancar BAB, bagaimana? thx

  9. Frans Berkata

    Halo Bu, 2 minggu lalu saya kena maag dan mencret tapi sekarang sudah sembuh cuman ada beberapa keanehan yaitu :
    1. Kalo pagi ampe siang BAB (Buang Air Besar) OK tapi kalo sore mencret.
    2. Dada sebelah kiri saya suka terasa kebal (keram kecil) tapi tidak ada yang sakit atau nyeri.
    Mohon masukkannya terima kasih.

    NB : Saya suka tidur malam dan sehari hari naik motor akhir akhir ini.

    • shafariyah Berkata

      1. Mencret bisa dikarenakan infeksi kuman, makanan yang pedas/ asam, kurang mengkonsumsi serat, alergi susu, makanan yang tidak biasa dimakan kadang juga bisa menimbulkan mencret..coba dikaji lagi menu makan siang anda..
      2. masalah di dada kiri bisa bersumber dari jantung atau dari tempat lain (referred pain)..perlu pemeriksaan fisik untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang keluhan anda, saya sarankan mengunjungi dokter/dokter spesialis jantung/penyakit dalam terdekat.
      3. naik motor hendaknya diperhatikan savety nya yaa..misal menggunakan helm yang berpenutup di bagian wajah, untuk menghindari paralisis otot wajah karena terkena angin cukup keras saat mengendarai motor..Tidur terlalu malam bisa membuat sistem imun anda menurun karena waktu tubuh isturahat berkurang sehingga mempengaruhi kerja proses2 dalam tubuh..
      menurut saya tidak ada kaitannya antara naik motor dengn keluhan anda..terimakasih.

  10. didi Berkata

    Mau tanya, Kenapa feses saya ga berbentuk seperti umumnya? apa yang menyebabkan seperti itu? dan sedikit sekali yang keluar. saya juga sering nyeri lambung… apakah itu bisa mengarah ke pencernaan?

    atas jawabannya , saya ucapkan terimakasih banyak

    • shafariyah Berkata

      maksudnya terlalu encer..mungkin anda kurang mengkonsumsi sayur atau buah…ato terlalu banyak makan makanan pedas
      soal volume yang sedikit bisa bergantung dari makanan yang anda makan..apakah ada darah ato lendir di fesesnya? kalo iya saya sarankan anda segera periksa ke dokter sppesialis penyakit dalam terutama yang sub spesialis gastroenterologi.
      nyeri lambung bisanya karena asam lambung terlalu tinggi, apalagi jika ada luka/borok di lambung, tentu lebih perih lagi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.